Minggu, 12 Agustus 2012

Afghanisatan menyabet satu2nya medali di cabang Olimpiade


LONDON – Atlet Taekwondo Afghanistan Rohullah Nikpa sukses mempersembahkan medali perunggu bagi negaranya, Kamis malam waktu London. Perunggu ini sangat istimewa bagi Afghanistan karena menjadi satu-satunya medali yang diraih Afghanistan pada Olimpiade kali ini.

Rohullah yang turun di kategori 68 Kg pria mempersembahkan medali setelah mengalahkan tiga lawannya dan kalah hanya di satu pertandingan.

Di atas matras, lawan yang pertama kali tumbang di tangan Rohullah ialah atlet Polandia dengan skor 12/5 tapi di laga kedua, Rohullah tak berdaya menghadapi atlet Iran Mohammad Baqeri Motamed.

Namun, Rohullah kembali bangkit mengalahkan dua lawan terakhirnya, dari Republik Central Afrika David Boui dengan skor 14/2 dan atlet tuan rumah, Inggris, Martin Stamper dengan skor 5/3.

Kesuksesan ini membuat Rohullah mendapat sambutan meriah dari para pendukungnya, warga Afghanistan yang tinggal di Inggris. Rohullah pun merasa bangga dengan pencapaiannya yang membuat Afghanistan duduk di peringkat 70 ini.

”Saya senang kembali ke Afghanistan dengan sebuah pencapaian di London. Saya mempersembahkan kemenangan ini untuk rekan-rekan senegara saya,” ujar Rohullah. Medali perunggu Olimpiade bukan yang pertama bagi Rohullah. Pada Olimpiade 2008 lalu, atlet berusia 25 tahun tersebut juga mempersembahkan perunggu.

Di Olimpiade 2012, Afghanistan hanya menurunkan enam atletnya, yang terjun di cabang olahraga judo, tinju,atletik dan taekwondo. Dari enam atlet itu hanya ada seorang perempuan, Tahmina Kohistani, yang turun di cabang olahraga lari 100 meter.
(fit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar